Perencanaan Balok Terhadap Lentur

Dalam perencanaan elemen struktur terhadap beban lentur atau aksial atau kombinasi dari beban lentur dan aksial menurut SNI 03-2847-2002 pasal 3.3.2, haruslah memenuhi asumsi perncanaan sebagai berikut:
  1. Kuat rencana komponen struktur untuk beban lentur dan aksial didasarkan pada asumsi berikut dan atas terpenuhinya konsisi keseimbangan dan kompatibilitas regangan berlaku.
  2. Regangan dalam tulangan dari beton harus diasumsikan berbanding langusung dengan jarak dari sumbu netral .
  3. Regangan maksimum yang dapat digunakan pada serat beton terluar harus diasumsikan sama dengan 0,003.
  4. Tegangan dalam tulangan dibawah kuat leleh yang ditentukan fy untuk mutu tulangan yang digunakan harus diambil Ec dikalikan dengan regangan baja. Untuk regangan yang lebih besar dari regangan yang memberikan fy  tegangan pada tulangan harus dianggap tidak tergantung pada regangan sama dengan fy .
  5. Dalam perhitungan lentur beton bertulang kuat tarik beton harus diabaikan.
  6. Hubungan antara distribusi tegangan tekan beton dan regangan beton boleh diasumsikan berbentuk persegi, trapesium, parabola, atau bentuk lainnya yang menghasilakn pertkiraan yang cukup baik bila dengan hasil pengujian yang lebih menyeluruh.
  7. Ketentuan  dari butir 6 di atas boleh dianggap dipenuhi oleh tegangan beton persegi ekivalen yang didefenisikan sebagai berikut:
    1. Tegangan beeton sebesar 0.85 f’c  harus diasumsikan terdistribusi secara merata pada daerah tekan ekivalen yang dibatasi oleh tepi penampang suatu garis lurus yang sejajar dengan sumbu netral sejarak a = β1 c dari serat dengan regangan maksimum.
    2. Jarak c dari serat dengan regangan maksimum ke garis netral harus diukur dalam arah tegak lurus terhadap sumbu tersebut.
    3. Faktor β1 harus diambil sebesar 0,85 untuk kuat tekan beton f’hingga atau sama dengan 30 Mpa. Untuk kekuatan batas di atas 30 Mpa, β1 harus direduksi secara terus menerus sebesar 0,008 untuk seriap kelebihan 1 Mpa di atas 30 Mpa, tetapi β1 tidak boleh diambil kurang dari 0,65.

Penulis: kasriani

Sebuah perjalanan mencari jati diri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s