Kekuatan Geser Oleh Beton

            semua elemen struktur, baik struktur maupun baja, tidak terlepas dari masalah gaya geser. Gaya geser umumnya tidak bekerja sendirian, tetapi berkombinasi dengan lentur, torsi dan gaya normal. Oleh karena itu, pemahaman setiap interaksi antara gaya geser dengan gay-gaya lainnya sangat penting, terutama yang berhubungan dengan kekuatan elemen beton bertulang.

            Percobaan-percobaan yang telah dipublikasikan menunjukkan bahwa sifat keruntuhan akibat gaya geser pada suatu elemen struktur beton bertulang adalah tidak daktil, dan keruntuhannya terjadi secara tiba-tiba tanpa ada peringatan. Hal tersebut disebabkan karena kekuatan geser struktur beton bertulang terutama tergantung pada kekuatan tarik dan tekan beton. Keadaan ini sangat berbeda dengan tujuan perencanaan yang selalu mengiginkan suatu struktur yang daktil. Sehingga, meskipun prediksi keruntuhan cukup sulit, seorang perencana harus berupaya agar jenis keruntuhan geser tidak terjadi.

            Perilaku geser tidak sama untuk setiap struktur. Dalam usaha untuk mengetahui perilaku geser pada struktur beton bertulang, pemahaman perilaku geser pada struktur yang bermaterial homogen, isotropic, dan elastis linier sangat diperlukan. Dengan sedikit modifikasi, pendekatan berdasarkan asumsi tersebut dapat diterapakn guna memberikan gambaran yang cukup baik terhadap formasi retak dan kekutan geser beton bertulang.

            Tergantung pada lokasi titik yang ditinjau dari balok, terdapat tiga kombinasi teganagn yang mungkin terjadi, yakni :

  1. Kondisi dengan harga momen lentur besar, sedangkan gaya geser keci/rendah.  Retak terjadi pada bagian tepi yang mengalami tegangan tarik, dan arahnya hampir tegak lurus terhadap sumbu balok, disebut sebagai retak lentur (flexural cracks).
  2. Kondisi  dengan harga momen lentur dan gaya geser memiliki besar yang sama. Retak lentur akan terjadi lebih dahulu, dan lebar ataupun panjang retak ini dikendalikan oleh adanya tulangan longitudinal. Bila tegangan tarik diagonal pada daerah di atas retak ini melampaui kekutan tarik beton, retak tersebut akan menjalar membelok kearah diagonal. Disebut retak geser lentur (flexural-shear crack).
  3. Kondisi dengan harga momen lentur kecil sedangkan harga gaya geser besar. Terjadi retak diagonal (diagonal tension crack atau web shear crack). Pada keadaan ini, retak lentur jarang terjadi mendahului retak diagonal. Pada kondisi tegangan lentur sangat kecil, tegangan tarik diagonal membentuk sudut 450 dan nilainya sama dengan nilai tegangan geser yang maksimum pada garis netral. Oleh karena itu retak diagonal ini hampir selalu terbentuk pada daerah sumbu netral.

Perencanaan struktur beton bertulang tehadap geser sama halnya dengan perencanaan terhadap lentur karena yang menentukan dalam hal ini adalah perilaku struktur terhadap batas keruntuhan. Karena kekuatan tarik beton jauh lebih kecil dibandingkan dengan kekuatan tekannya, maka desain terhadap geser merupakan hal yang sangat penting dalam struktur beton. Perilaku balok beton bertulang pada keadaan runtuh karena geser sangat berbeda dengan pada keruntuhan  karena lentur. Balok tersebut langsung hancur tanpa adanya peringatan terlebih dahulu. Jiga jarak diagonalnya jauh lebih lebar dibandingkan dengan retak lentur.

Balok dengan tulangan geser yang umum dikenal adalah sengkang vertikal yang dapat berupa baja tulangan diameter kecil ataupun jaringan kawat baja las yang dipasang tegak lurus sumbu utama aksial penampang, dan sengkang miring. Sengkang ini biasanya terbuat dari tulangan berdiameter kecil, seperti diameter 8, 10 atau12 mm, yang mengikat tulangan longitudinal yang dibengkokkan membentuk sudut 300 atau lebih terhadap arah tulangan tarik diagonal.

Penulis: kasriani

Sebuah perjalanan mencari jati diri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s