Beton Bertulang

            Beton bertulang adalah beton yang ditulangi dengan luas dan jumlah tulangan yang tidak kurang dari nilai minimum yang diisyaratkan dengan atau tanpa prategang, dan direncanakan berdasarkan asumsi bahwa kedua material bekerja bersama-sama dalam menahan gaya yang bekerja.

Beton bertulang merupakan gabungan logis dari dua jenis bahan yaitu beton polos, yang memiliki kekuatan tekan yang tinggi akan tetapi kekuatan tariknya rendah, dan batang-batang baja yang ditanamkan di dalam beton yang memberikan kekuatan tarik yang diperlukan.

Bila beton dengan mutu yang sama diberi beban tarik yang makin lama makin diperbesar, ternyata hubungan antara teganagan dan regangan berupa nonlinier. Retakan pada beton sudah terjadi pada nilai σ dan ɛ (tegangan dan regangan tarik) yang amat rendah dibanding dengan akibat beban tekan. Ini terjadi karena beton sangat mampu menahan tegangan akan tetapi tidak dapat, atau hampir tidak dapat menahan gaya tarik.

Baja dan beton dapat bekerja sama dengan didasarkan pada keadaan :

  1. Lekatan (bond, atau interaksi antara batangan baja dengan beton keras sekelilingnya) yang mencegah selip dari baja terhadap beton.
  2. Campuran beton yang memberikan sifat ani resap yang cukup dari beton untuk mencegah karat pada baja.
  3. Angka koefisien muai yang hampir sama, yakni dari 1,0×10-5/0 C sampai 1,3×10-5/0 C untuk beton dan 1,2×10-5/0 C untuk baja.

Kekuatan tekan beton ditentukan oleh pangaturan dari perbandingan semen, agregat kasar dan halus, air dan berbagai jenis campuran. Perbandingan dari air terhadap semen merupakan faktor utama didalam panantuan kekuatan beton. Semakin rendah perbandingan air semen, semakin tinggi kekuatan tekan. Suatu jumlah tertentu air diperlukan untuk memberikan aksi kimiawi didalam pengerasan beton, kelebihan air meningkatakan kemampuan pengerjaan akan tetapi menurunkan kekuatan beton.

Penulis: kasriani

Sebuah perjalanan mencari jati diri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s